Seniman Swedia akan Lukis Karikatur Nabi Muhammad

Kamis, 21/02/2013 03:08 WIB
Seniman Swedia akan Lukis Karikatur Nabi Muhammad
Muhammad Taufiqqurahman – detikNews
Image
Stockholm – – Seniman Swedia Lars Vilks yang pernah menggambarkan sosok Nabi Muhammad kembali akan membuat lukisan yang sama. Lukisan tersebut akan dipublikasikan dalam sebuah pameran dalam tahun ini.

"Sangat penting untuk melanjutkan karena jika Anda menyerah pada ancaman dan mundur, Anda telah meninggalkan prinsip demokrasi," kata Lars Vilks seperti diberitakan AFP, Kamis (21/2/2013).

Lars pada tahun 2007 mendapatkan kritikan dan ancaman pembunuhan karena menggambarkan sosok Nabi Muhammad yang dikecam berbagai kalangan. Gambar tersebut diterbitkan surat kabar harian Swedia, Nerikes Allhenda.

Pada lukisan terbarunya nanti, Lars menyebut akan menggambarkan hal yang sama seperti yang digambarkan sebelumnya pada tahun 2007, dan akan dipamerkan bersama karya seniman lainnya seperti Claude Monet, Peter Paul Rubens dan Anders Zorn.

Namun, Lars masih sulit memperkirakan apakah lukisannya akan dipajang pada bulan Juli nanti di Malmoe, yang merupakan kota terbesar di Swedia yang diprediksi akan mendorong terjadinya protes dan ancaman yang lebih besar kepada dirinya.

Berdasarkan data dari Islamic Centre di Malmoe, terdapat sekitar 100.000 orang pemeluk Islam. Sebelumnya, pada tahun 2009, Colleen LaRose, seorang perempuan berkebangsaan Amerika Serikat (AS) yang menyebut dirinya "Jihad Jane", ditangkap di AS dengan tujuh orang lain karena merencanakan untuk membunuh Vilks.

(fiq/ahy)

Faithfreedom Indonesia
Faithfreedom forum static

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: