Petinggi PKS Lain Mungkin Kesruduk Sapi Juga

Image
Koruptor Ganas Luthfi Hasan Ishaaq (kiri) dan Terduga Korup Anis Matta

Selasa, 12 Februari 2013 | 20:08 WIB
KPK Temukan Nama Petinggi PKS di Kantor Indoguna

TEMPO.CO, Jakarta – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menemukan nama petinggi Partai Keadilan Sejahtera selain Luhtfi Hasan Ishaaq dalam penggeledahan di kantor PT Indoguna Utama. Bukti ini semakin menegaskan keterlibatan para petinggi PKS dalam kasus suap impor daging.

Sumber Tempo di lingkungan KPK mengatakan bahwa nama sejumlah petinggi PKS itu ditemukan dalam berbagai bentuk dokumen yang disita penyidik. Nama-nama tersebut, menurut dia, sudah cukup banyak dikenal oleh masyarakat. "Saat penggeledahan di Indoguna ditemukan banyak nama petinggi PKS," ujarnya, Selasa 12 Februari 2013.

Kasus suap impor daging menyeret Luthfi Hasan Ishaq turun dari kursi Presiden PKS. Luthfi dijadikan tersangka oleh KPK karena diduga memperjualbelikan pengaruhnya untuk mengatur kuota impor daging. Dia juga diduga akan menerima uang Rp 1 miliar yang disita KPK dari tangan Ahmad Fathanah. Uang ini berasal dari perusahaan impor daging PT Indoguna Utama.

Akibat kasus ini Luthfi mengundurkan diri dan digantikan oleh Anis Matta. Nama Anis Matta sendiri juga masuk dalam pusaran kasus ini. Sumber Tempo di KPK mengatakan pihaknya menemukan beberapa salinan sertifikat rumah atas nama istri pertama Anis, Anaway Irianti Mansyur, dalam tas milik Ahmad Fathanah. Tas itu disita KPK saat penangkapan di Hotel Le Meridien dua pekan lalu. Anis sendiri mengaku tak tahu kebenaran informasi soal sertifikat rumah istrinya dalam tas Fathanah.

Selain itu, nama Menteri Pertanian Suswono juga terseret dalam kasus ini. Komisi Pemberantasan Korupsi menyadap pembicaraan antara Suswono dengan Luthfi soal pemberian uang dari Indoguna ini beberapa jam sebelum penangkapan Ahmad Fathanah.

Indikasi kedekatan petinggi PKS dengan PT Indoguna ini juga diakui oleh Luthfi dalam pemeriksaan di KPK hari ini, saat ia dicecar penyidik seputar pertemuan di Medan awal tahun ini. LHI membenarkan ada pertemuan itu, untuk membahas soal harga daging sapi bersama Menteri Pertanian dan asosiasi importir daging.

Menurut pengacara Luthfi, M Assegaf, pertemuan itu terjadi pada 10-11 Januari lalu di Hotel Aryadhuta di Medan, Sumatera Utara. Pertemuan yang diprakarsai oleh asosiasi importir daging dihadiri oleh pemilik sekaligus Direktur Utama PT Indoguna Utama Elisabeth Lehman, Ahmad Fathanah, Ketua Asosiasi Perbenihan yang juga pengusaha importir daging Elda Devianne, dan Menteri Pertanian Suswono.

FEBRIANA FIRDAUS

Faithfreedom Indonesia
Faithfreedom forum static

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: