Pimpinan Pemberontak Mali Ditangkap

Senin, 04 Februari 2013 | 13:01 WIB


Sejumlah warga Mali membawa seekor sapi menyeberangi sungai Niger di Korioume Port, selatan Timbuktu, Mali, Minggu (3/2). AP/Jerome Delay

TEMPO.CO, Bamako – Pimpinan top kelompok bersenjata yang menguasai Timbuktu di Mali Utara, pekan lalu, Mohamed Moussa Ag Mouhamed, berhasil ditangkap kelompok bersenjata di perbatasan Aljazaair. Keterangan tersebut disampaikan oleh sumber yang tak bersedia disebutkan identitasnya, Ahad, 3 Februari 2013.

“Pimpinan Ansar Dine nomor tiga, yang didakwa sebagai penebar teror, di antaranya memotong tangan dan menegakkan syariah Islam, ditangkap oleh kelompok bersenjata lainnya,” kata sumber keamanan Mali kepada kantor berita AFP.

Mohamed Moussa, yang namanya populer di Timbuktu, dibawa oleh kelompok bersenjata ke sebelah timur laut Kota Kidal, benteng terakhir pemberontak yang mereka kuasai selama 10 bulan sebelum dipaksa mundur oleh pasukan Prancis dalam sebuah serangan 11 Januari 2013.

Informasi tersebut dibenarkan oleh pejabat regional Kidal, Abdoulaye Toure, meskipun dua sumber lainnya memberikan keterangan berbeda atas penahaan dirinya.

Penangkapan itu diyakini dilakukan oleh Gerakan Pembebasan Nasional Azawad (MNLA), gerakan sparatis Tuareg atau kelompok pecahan Ansar Dine, Geraka Islam Azawad (MIA). Azawad adalah jelmaan nama dari Tuareg di Mali Utara.

“Dia (Mohamed Moussa) adalah ideolog Ansar Dine di Timbuktu,” kata Toure. “Dia merupakan otak di balik organisasi, doktrin di Timbuktu. Dia ditahan di Hallil dekat perbatasan Aljazair oleh (bekas) sekutunya.”

Toure juga mengatakan seorang pria dituduh ambil bagian dalam penculikan warga Prancis pada November 2012 lalu. Pria tersebut ditahan di tempat yang sama. Para pejabat Prancis mengatakan, tujuh warga Prancis dipercaya berada di kawasan itu.

AL JAZEERA | CHOIRUL

Faithfreedom Indonesia
Faithfreedom forum static

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: