Presiden PKS Yg Korup Ternyata Aktif Memeras/Fai PT Indoguna

Luthfi Hasan Diduga Aktif Meminta Uang kepada PT Indoguna

Fajar Pratama – detikNews

Image
Presiden PKS Luthfi Hasan

Agus Pambudhy/detikcom
Jakarta – Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq terjerat kasus suap impor daging. KPK menduga Luthfi aktif meminta uang panas kepada pihak direksi PT Indoguna Utama, perusahaan importir daging.

Hal itu tertuang dalam pasal yang dijeratkan KPK kepada Luthfi. Lembaga antikorupsi ini memilih Pasal 12 A atau B, atau Pasal 5 ayat 2 atau Pasal 11, UU 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU 20 Tahun 2001.

"Disimpulkan juga bahwa AF dan LHI diduga melanggar Pasal 12 A atau B atau Pasal 5 ayat 2 atau Pasal 11," kata Jubir KPK Johan Budi dalam konferensi pers, Rabu (30/1/2013) malam.

Seluruh pasal tersebut di atas mengatur mengenai penerimaan suap oleh pejabat negara. Sedangkan untuk sangkaan primernya, yakni Pasal 12 huruf a, merupakan kasus suap kategori aktif, di mana sang pejabat negara dipandang lebih aktif dalam proses terjadinya suap.

"Pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah atau janji, padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan untuk menggerakkan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya," demikian petikan pasal 12 huruf a tersebut. Pasal ini memiliki ancaman hukuman yang cukup berat yakni 20 tahun penjara.

Pasal ini didakwakan KPK kepada Angelina Sondakh. Namun hakim di tingkat pengadilan negeri, tidak setuju dengan pendapat KPK dan memilih Pasal 5 ayat 2.

"Prinsip dari penggunaan Pasal 12 huruf a itu adalah suap yang sifatnya aktif," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengenai Pasal 12 huruf a itu.

(fjr/nrl)

Faithfreedom Indonesia

Satu Tanggapan

  1. cuman bisa bilang….
    KENA DEH..
    klo memang pks merasa dizolimi
    coba pikir2 dulu deh…
    apakah ini satu sentilan Tuhan buat nt2 sekalian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: