Arab Saudi : TKW Sri Lanka Dipenggal !!

http://news.detik.com/read/2013/01/25/1 … n991101605

Jumat, 25/01/2013 15:38 WIB
Warga Sri Lanka Dipenggal di Arab Saudi, Pengiriman PRT Akan Dihentikan

Image

Rita Uli Hutapea – detikNews
Ilustrasi
Kolombo, – Pemerintah Sri Lanka secara perlahan akan menghentikan pengiriman warganya untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga (PRT) di Arab Saudi. Hal ini dilakukan setelah seorang PRT asal Sri Lanka dihukum pancung di negeri itu.

Nantinya, pemerintah Sri Lanka akan melarang kaum wanita bekerja sebagai PRT di Saudi. Pemerintah akan menaikkan batas usia minimum bagi PRT untuk bisa bekerja di Saudi menjadi umur 25 tahun. Sebelumnya, batas usia minimum adalah 21 tahun. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk pada akhirnya benar-benar menghentikan pengiriman PRT ke Saudi.

"Idenya adalah pengurangan bertahap," kata juru bicara pemerintah Sri Lanka, Keheliya Rambukwella seperti dilansir Al-Jazeera, Jumat (25/1/2013).

"Kita tak bisa menghentikannya dalam semalam. Ini proses bertahap dan meningkatkan batasan usia merupakan bagian dari proses itu," imbuhnya.

Pemerintah Sri Lanka langsung menarik Duta Besar (Dubes)-nya dari Saudi sebagai respons atas pemenggalan Rizana Nafeek pada 9 Januari lalu. Wanita Sri Lanka itu dihukum mati pada tahun 2007 lalu atas dakwaan pembunuhan putri majikannya.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Saudi, balita tersebut dicekik oleh Nafeek saat sedang meminum susu botol. Pembunuhan itu dilakukan setelah terdakwa beradu mulut dengan ibu sang bocah.

Kelompok-kelompok HAM telah mengecam hukuman mati tersebut. Mereka juga memprotes cara otoritas Saudi menangani kasus itu. Menurut organisasi Amnesty International, Nafeek tidak didampingi oleh pengacara selama masa pra-sidang maupun saat persidangan kasusnya pada tahun 2007.

(ita/nrl)

wah kabar buruk bagi para tkw yang bernasib sama … :goodman:

Faithfreedom Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: