SPANYOL: artis makan halaman Quran utk protes!

http://www.deia.com/2013/01/20/ocio-y-c … -del-coran

Image

20 Januari 2013, IRUÑEA. Artis seni modern, Abel Navarro, mendapat ancaman pembunuhan karena karyanya ‘Memakan Quran’ dimana ia menelan halaman2 Quran.

"Karya saya adalah bagian dari proyek riset ttg fundamentalisme agama dan keperluan orang akan ”fiksi, kebohongan dan ketakutan.” Khususnya, karyanya ini adalah sebuah instalasi, performance dan video art, dimana selama 6 jam sang artis memakan halaman2 Quran sbg kritik terhdp radikalisme religius. ”Saya percaya pada kebebasan berekspresi, provokasi dan kebebasan artisitik yang eksis untuk selama2nya,” kata Abel. Oleh karena karyanya ini, ia mendapat berbagai ancaman lewat email dan sms.

"Saya percaya kepada seni sbg wadah kritik dan menciptakan debat bagi siapa saja yang inign mendengarkan atau merasakannya.”

Abel Azcona, kini berada di Pamplona, Spanyol dan ia sering tampil di seluruh Eropa dan Amerika Latin, Amerika Serikat, Filipina dan Jepang.

———————————-
Menarik bahwa tradisi memakan halaman2 Quran sudah lama dilakukan dukun klenik untuk mengobati klien dari penyakit ataupun santet. Nah, kalau dukun aja boleh, mengapa artis tidak boleh??

Faithfreedom Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: