Maroko akan Merubah UU yang Mengijinkan Pemerkosa Menikahi Korban Mereka yg Dibawah Umur
http://www.ctvnews.ca/world/morocco-to- … 1.1125707#

Image
Pemerintah baru Maroko Jan. 3, 2012. Foto diatas diterbitkan Istana Maroko. Raja Mohammed VI, tengah, dengan puteranya, Moulay El Hassan, 6, dan PMnya, Abdelilah Benkirane, no 6 kanan, dengan pemerintah baru pada upacara pengambilan sumpah di istana di Rabat, Jan. 3rd, 2012.

RABAT, Morocco — Setahun setelah Maroko dikagetkan oleh insiden bunuh diri seorang wanita 16 thn yg dipaksa menikahi pemerkosanya, pemerintah mengumumkan rencana utk membatalkan UU tsb.

AKtivis hak wanita menyambut baik langkah ini dan mengatakan, ini hanya langkah pertama dalam reformasi hukum pidana yang tidak melindungi wanita dari kekerasan di negeri itu.

Pasal 475 KUHP membebaskan dari hukum seseorang yang dinyatakan bersalah menculik dan berzinah dengan anak dibawah umur, jika tertuduh menikahi korbannya. Praktek ini didukung hakim untuk membebaskan keluarga korban ‘dari aib’ (memiliki anak yg diperkosa). :shock:

Bulan Maret lalu, Amina al-Filali, 16 thn, meminum racun untuk membebaskan diri dari perkawinan dgn lelaki 23 thn yg memperkosanya. Orang tuanya dan hakim mendorong perkawinan ini guna melindungi kehormatan keluarga. Insiden inilah menimbulkan tntutan agar hukum kolot ini dirubah.

"Merubah pasal ini adalah langkah baik tapi belum memuaskan semua tuntutan kami," kata Khadija Ryadi, presiden Asosiasi HAM Maroko. "KUHP harus dirombak total karena mengandung diskriminasi terhadap wanita dan tidak melindungi wanita dari kekerasan.”

Ia khusunya menunjuk kepada ayat yang membedakan antara ”pemerkosaan yang mengakibatkan pecahnya hymen” dan ”pemerkosaan biasa.”

Aturan baru yang diusulkan parlemen adalah: hukuman penjara 10 tahun bagi sex konsensual dengan anak dibawah umur, tapi hukuman penjara tsb akan dilipatgandakan kalau sex tsb mengakibatkan sang wanita kehilangan keperawanan. ](*,) #-o (Kok bisa gitu sex konsensual dgn anak dibawah umur???! Sex dgn anak2 bukan sudah pasti akan menghasilkan hilangnya keperawanan??!!!!)

Fouzia Assouli, presiden Liga Demokrasi bagi Hak Wanita, menambahkan, ”Hukum pidana (Maroko) tidak mengakui bentuk2 kekerasan tertentu terhdp wanita, spt pemerkosaan dlm perkawinan. Sementara itu, hukum ini menghukum kelakuan normal spt sex diluar perkawinan antara orang dewasa,” katanya. Menurut statistik pemerintah, 50% serangan terhdp wanita terjadi dlm perkawinan.

[Ingat bahwa KUHP Maroko (negara Islam) menerapkan syariah. Syariah memang tidak mengakui pemerkosaan dalam perkawinan.]

Perubahan dalam KUHP ini terjadi setahun setelah pemerintah yg didominasi kaum Islamis menolak reformasi KUHP ini.

Menteri Kehakiman kala itu mengatakan bhw al-Filali tidak diperkosa dan bahwa sex (perkawinan) saat ia usia 15 adalah konsensual. Tapi PM Abdelilah Benkirane mengatkan bahwa ”Dlm 550 kasus perzinahan dgn anak dibawah umur antara 2009 & 2010, hanya 7 menikah dibawah Ayat 475 KUHPidana, sisanya dibawa ke pengadilan."

Maroko mereformasi Hukum Kekeluargaan di thn 2004, tapi sebuah RUU untuk mengatasi kekerasan terhdp wanita masih ditunda parlemen selama 8 tahun sekarang. :supz: :supz:

Faithfreedom Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: