Dunia Arab Masih Hadapi Buta Huruf

Di Saudi, Duit Bisa Berantas Buta Huruf
Penulis: Josephus Primus

Selasa, 8 Januari 2013 | 16:44 PM

Ilustrasi
Photo: Shutterstock

KOMPAS.com – Arab Saudi serius memberi perhatian pada pendidikan rakyatnya. Makanya, tak segan-segan, pemerintah negeri itu menggelontorkan banyak duit untuk membikin rakyatnya makin pintar.

Koran Al Eqtisadiya pada Selasa (8/1/2013), menulis, sejak sepuluh tahun silam, Arab Saudi sudah mengeluarkan dana hingga 322 miliar dollar AS untuk pendidikan. Fulus sebanyak itu ada di pos-pos pendidikan universitas, pelatihan kejuruan, dan pembangunan kampus-kampus di berbagai kota.

Media massa itu juga menunjukkan kalau 48 persen dana pendidikan itu dipakai untuk pendanaan bagi sekolah-sekolah, khususnya sekolah swasta. Pada 2011, jumlah sekolah umum di Arab Saudi mencapai 20.600.

Lalu, sampai dengan akhir 2012, pemerintah juga membangun 750 sekolah baru. Data ini berasal dari Kementerian Pendidikan Arab Saudi. "Anggaran pendidikan untuk 2013 besarnya 54 miliar dollar AS,"kata pernyataan kementerian itu.

Sementara itu, catatan dari Harian Okaz menunjukkan kalau dana pendidikan melimpah itu sukses memberantas buta huruf. Pada 2007, angka buta huruf di Arab Saudi 60 persen dari total penduduk yang jumlahnya sekitar 27 jutaan. Lalu, lima tahun berikutnya, mereka yang belum melek huruf tinggal empat persennya.

Editor: Josephus Primus

http://m.kompas.com/news/read/2013/01/0 … buta.huruf

Faithfreedom Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: